Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkatan dzikir kepada allah swt yang bikin hati tenang

Tingkatan dzikir kepada allah swt yang bikin hati tenang

"Pengertian dzikir menurut agama,bacaan dzikir atau mengingat Allah  SWT adalah salah satu cara pendekatan diri kepada allah allah subhanahuwataalla,dengan kita berdzikir setelah sholat ketenangan akan selalu tertanam dalam hati kita baik ketenangan lahir maupun ketenangan batin. "Umat muslim pada umumnya setelah waktu salat pardu(wajib) selalu berdzikir atau mengucapkan kalimat kalimat Allah ataupun setelah sholat sunah,seperti doa setelah sholat duha ataupun doa sholat tahajud.

 

Tingkatkan Dzikir

  • Alghozali membagi tingkatan dzikir menjadi empat tingkatan.
1. Yang pertama adalah dzikir lisan saja

 

"Dzikir ini adalah tingkatan dzikir terendah karena tidak ada sambung sama sekali antara lisan dengan hati.

Hanya saja dari pada orang yg sama sekali tidak berdzikir, tingkatan ini masih lumayan baik karena di antara anggota badanya masih ada yang di beri perhiasan dzikir oleh Allah yakni lisanya.

2. Yang kedua adalah dzikir lisan yang sudah bisa bersambung dengan hati

 

Dzikir lisan sambung hati namun masih dengan pemaksaan dan sering terjadi kelalaian,dzikir semacam ini oleh ulama tasawuf sering di istilahkan allisan syaihul qolbi atau lisan masih menjadi gurunya hati. walaupun masih tergolong rendah dzikir ini sudah sangat baik karena sudah ada kenikmatan yang bisa di rasakan.

 

3. Yang ketiga dzikir hati yang sudah menjadi watak(dzikir srry)

 

Dzikir tingkatan ini sering di istilahkan oleh ulama dengan nama alqolbu syaikhullisan atau hati menjadi gurunya lisan. Dzikir ini sudah sangat istimewa, karena sudah keluar dari hati secara perwatakan dan bahkan bisa mempengaruhi lisan. Dzikir ini bisa spontan di lakukan dan di rasakan kenikmatan hudzurnya kepada Allah di mana saja walaupun lisan lidak bergerak melafadkan kalimat dzikir.

 

4. Yang ke empat adalah dzikir yang tertinggi

 

Yakni menghabiskanya dzat yang di dzikiri terhadap seluruh jiwa raga orang yang berdzikir,mulai ujung rambut sampai ujung kaki, anggota lahir dan batin orang yang berdzikir bisa asyik bersama Allah dzat yang di dzikiri.

Tingkatan ini adalah tingkatan yang sering di sebut fana oleh ahli tasawuf karena orang yang berdzikir telah kehilangan selain Allah, bahkan dirinya sendiripun tidak dia rasakan.

Pada tingkatan inilah orang bisa merasakan puncak kenikmatan karena tidak hanya kenikmatan bersama mahluq, akan tetapi kenikmatan bersama sang holiq,dan dia bisa merasakan bahwa yang wujud hanyalah Allah Swt.

Mudah mudahan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dzikir kita !!!
Semoga bermanfaat !!!

Posting Komentar untuk "Tingkatan dzikir kepada allah swt yang bikin hati tenang"