Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Universitas, Institute, Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademi

Tak sedikit yang masih mengira bahwa jenjang perguruan tinggi itu sama saja. Padahal perlu kamu ketahui bahwa jenjang perguruan tinggi ternyata banyak jenisnya. Nah untuk kamu yang ingin meneruskan kuliah, maka cobalah untuk mencari jenis – jenis perguruan tinggi yang sesuai dengan keinginan kamu.


Namun sebelum kita membahas mengenai jenis – jenis perguruan tinggi, kita harus mengetahui terlebih dahulu jenis kelompok pendidikan tinggi. Di negara Indonesia sendiri, pendidikan tinggi dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu pendidikan akademik dan pendidikan vokasi.

Perbedaan antara kedua kelompok pendidikan tersebut yaitu pendidikan akademik lebih berfokus pada penguasaan ilmu pengetahuan bagi para lulusannya. Sedangkan untuk pendidikan vokasi, lebih berfokus untuk mempersiapkan lulusannya supaya dapat mengaplikasikan keahliannya. Nah sekarang langsung saja kita bahas jenis – jenis perguruan tinggi yang harus kamu tau.

Perbedaan antara Universitas, Institute, Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademi

1. Universitas

Universitas merupakan jenis perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam berbagai bidang, dapat pula menyelenggarakan pendidikan profesional dalam sejumlah disiplin ilmu pengetahuan, terknologi, maupun seni. Universitas adalah jenis perguruan tinggi yang memiliki rumpun ilmu yang paling luas. Jenjang pendidikannya mulai dari Diploma, S1, S2, S3, hingga Program Spesialis.

2. Institute

Institute adalah jenis perguruan tinggi yang disamping menyelenggarakan pendidikan akademi, dapat pula menyediakan pendidikan profesional dalam sekelompok disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, atau kesenian. Daapat dibilang rumpun ilmu pada Institute lebih terbatas dibandingkan dengan Universitas. Misalnya saja ITB (Institute Teknologi Bandung) yang berfokus pada unsur teknik dan teknologi.

3 Sekolah Tinggi

Bebeda dengan Universitas dan Institute, Sekolah Tinggi adalah jenis perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan profesional dan akademi dalam lingkup satu disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian tertentu. Misalnya saja STTD (Sekolah Tinggi Transportasi darat), STIKes (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan), STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran) dan lain sebagainya.

4. Politeknik

Jika yang lainnya merupakan perguruan tinggi dalam bidang akademik, maka Politeknik ini merupakan jenis perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah rumpun ilmu pengetahuan. Dengan kata lain, bahwa Politeknik akan lebih fokus agar lulusannya dapat mempraktikkan keahlian yang telah dipelajarinya.

5. Akademi

Apabila Politeknik menyelenggarakan pendidikan vokasi yang cangkupannya cukup luas, maka Akademi merupakan jenis perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan vokasi dalam satu cabang ilmu pengetahuan saja. Contohnya Akademi Militer, Akademi Kepolisian, Akademi Kebidanan, Akademi Keperawatan, dna lainnya.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat DuniaXtreme berikan mengenai perbedaan antara universitas, institute, sekolah tinggi, politeknik dan akademi yang wajib kamu tau jika ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Status perguruan tinggi juga dibagi menajdi tiga yaitu PTN (Perguruan Tinggi Negri), PTS (Perguruan Tinggi Swasta) dan PTK (Perguruan Tinggi Kedinasan). Sekian dari DuniaXtreme, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Universitas, Institute, Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademi"