Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Mengatasi WiFi Lemot di HP Android & Laptop PC

Wifi siapa orang tidak tau akan hal ini semua orang pasti sudah tau apa itu wifi dan apa fungsinya. Wifi bisa diartikan seperti MAN ( Metropolitan Area Network ) yang bisa mencakup suatu daerah tertentu dan juga dengan jangkauan tertentu juga.

Wifi di setiap sekolah pasti juga sudah banyak pemakainya, karena jika sekolah tidak memfasilitasi hal ini kemungkinan siswa bisa gaptek karena di zaman sekarang semua orang harus pandai bersaing dalam bidang teknologi dan untuk menghadapi globalisasi tentunya.

Wifi kegunaanya seperti kuota bisa untuk berbagai hal yang berkaitan dengan dunia maya, internet, sosial media dan yang lain sebagainya. Dan bisa digunakan untuk kegiatan browsing, download, mencari informasi, berbagi ilmu, menjangkau hal yang jauh seperti kabar dari negara / kota lain dan juga chatting dengan saudara atau kerabat yang jauh dengan mudah.

Cara Mengatasi WiFi Lemot & Lambat

Sekarang kita akan membahas wifi yang ada di sekolah, sekolah adalah tempat belajar tentunya banyak juga siswanya, kecepatan wifi tergantung juga oleh penggunanya. Semakin banyak yang Cara mengatasi wifi lemot, kali ini saya akan membahas cara ampuh untuk mengatasi wifi lemot simak cara nya berikut ini.

1. Pilih Tempat Terbuka

Untuk menjaga agar kinerja sinyal tetap optimal, lebih baik letakan router di ruangan terbuka karena ada juga bahan yang menyerap sinyal router dan mengurangi kinerjanya. Cara yang cocok untuk menjaga router tetap stabil adalah meletakannya diantara mebel besar atau dinding bisa juga di dalam lemari. Tentunya posisi router juga harus tepat yang baik yaitu bebas berhimpitan juga dapat dilihat dari sisi manapun.

2. Cek Posisi Router

Walau terlihat sederhana namun langkah atau cara ini tergolong penting untuk mengatasi wifi yang lemot, sistem kerja router adalah menyebar sinyal ke seluruh ruangan maka meletakan router di pinggir jendela tidak efektif karena akan ada sinyal yang keluar dan terbuang sia-sia, sebaiknya yang dilakukan adalah meletakannya di tengah ruangan.

3. Jauhkan dari Elektronik Lain

Perangkat apapun penghasil sinyal elektromagnetik bisa mengurangi kinerja wifi maka dari itu jauhi wifi dari perangkat elektronik seperti televisi, telepon nirkabel, microwave, dan juga perangkat penghasil sinyal elektromagnetik lainnya.

4. Jangan diletakan di Lantai

Lantai mengandung bahan semen, beton dan logam yang sulit ditembus oleh sinyal WiFi. tidak hanya itu meletakan router di tempat yang tinggi lebih baik daripada di tempat yang rendah. Contoh tempat yang baik adalah meja atau lemari. Mengapa posisi yang tinggi lebih menguntungkan ? karena sistem kerja router adalah mengirim sinyal dari atas ke bawah.

5. Atur Antena agar Berdiri

Mengapa posisi berdiri lebih baik ? karena posisi ini membuat sinyal terpancar secara horizontal sehingga sinyal mudah menjangkau seluruh bagian ruangan. Jadi sebaiknya atur posisi router anda secara vertikal ya.

6. Lakukan Speed Test

Yang harus pertama anda coba adalah dengan koneksi Wifi, kemudian lakukan juga terhadap / menggunakan koneksi kabel. Jika keduanya sama-sama buruk, berarti masalah ada pada penyedia layanan internet anda.

7. Periksa Kekuatan Sinyal

Untuk mengecek sinyal bisa dengan mudah kita coba menggunakan aplikasi, sekarang banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek sinyal, antara lain adalah Cloudcheck atau Amped dengan adanya aplikasi ini anda bisa tau dimana tempat yang mencakup sinyal kuat dan juga tempat yang mencakup sinyal lemah.

8. Beli Router Baru

Langkah akhir adalah membeli router jika kesalahan tidak ada pada penyedia layanan internet, jika anda sudah mencoba semua langkah diatas namun wifi tetap saja masih lemot mungkin anda harus berganti ke router baru.

Demikian mengenai tips dan trik yang saya bagikan tentang cara mengatasi wifi yang lemot lambat di pc laptop & android, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua.

Selamat mencoba dan semoga berhasil karena wifi yang lemot memang menyebalkan dan hal itu bisa menghambat segala sesuatu urusan kita yang berhubungan dengan internet atau di dunia maya. Jika ada hal yang ingin ditambahkan silahkan bertanya di kolom komentar yang disediakan.

Posting Komentar untuk "8 Cara Mengatasi WiFi Lemot di HP Android & Laptop PC"