Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perencanaan Keuangan bagi Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus

Merencanakan keuangan untuk anak bukan hal mudah yang dilakukan oleh orang tua, tapi bukan berarti mustahil dilakukan. Terutama bagi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus yang harus mendapat perhatian lebih. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan online banking. Platform perbankan berbasis internet yang dapat Anda gunakan untuk mengelola keuangan.

Desain Canva

Setiap anak adalah anugerah Tuhan, bagaimanapun kondisinya. Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah anak-anak yang unik yang sengaja diberikan pada orang tua luar biasa sebagai hadiah. Pada prinsipnya, mengasuh anak memiliki pola yang sama. Namun pada anak berkebutuhan khusus, orang tua diharapkan memberi perhatian ekstra, kasih sayang tanpa syarat, serta tingkat kesabaran yang tinggi. Hal ini penting dilakukan agar anak berkebutuhan khusus dapat tumbuh menjadi anak yang mandiri saat mereka dewasa nanti.


Cara Mengelola Keuangan Sebagai Orang Tua

Dalam proses tumbuh kembangnya, anak berkebutuhan khusus memerlukan pendampingan dari ahli seperti dokter spesialis anak, terapis sesuai kebutuhan yang diperlukan, termasuk juga guru pendamping di sekolah. Sehingga orang tua wajib membuat pos pengeluaran tambahan guna memenuhi kebutuhan tersebut. 

Foto : Paxels

Untuk memudahkan pembayaran klinik tumbuh kembang, terapis, atau guru pendamping di sekolah inklusi, Anda bisa menggunakan online banking yang menyediakan fitur aneka transaksi pembayaran tagihan.sedangkan untuk mengelola keuangannya, Anda dapat melakukan tips seperti berikut ini:


Rencanakan Target Keuangan

Seperti yang telah diurai di atas, terdapat perbedaan pengeluaran yang menjadi tanggung jawab orang tua. Biaya dokter spesialis, terapis, obat, makanan sehat, dan pendidikannya harus terpisah dalam pos tersendiri. Orang tua yang paling mengerti memisahkan kebutuhan utama dan tambahan untuk anaknya. Oleh karena itu, besar nominal pos khusus ini disesuaikan berdasarkan porsi kebutuhan setiap anak dan penghasilan orang tua. Anda bisa mengatur target keuangan agar pos khusus ini stabil hingga anak mandiri dan memiliki penghasilan sendiri nantinya.


Siapkan Dana Perwalian

Tidak ada manusia yang hidup selamanya di muka bumi ini. Lalu bagaimana kehidupan anak berkebutuhan khusus jika orang tuanya tiada nanti? Sebagai solusi untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa membuat dana perwalian dan menunjuk seorang wali yang dapat dipercaya. Wali ini yang nanti mengelola dana yang telah disiapkan untuk kebutuhan anak berkebutuhan khusus, ketika orang tuanya tiada. Undang-undang melindungi hak anak berkebutuhan khusus. Jika wali menyalahgunakan wewenangnya, maka perwaliannya dapat dicabut dan dialihkan ke orang lain. Sebagai tindakan antisipasi, Anda juga bisa menggunakan platform keuangan digital dan mengajarkannya pada anak Anda. Online banking adalah solusi tepat yang membantu memudahkan pengelolaan keuangan dan mudah pula dalam penggunaannya sehari-hari.


Membuat Surat Wasiat

Tidak dapat dipungkiri bahwa harta orang tua seringkali menjadi sumber masalah atau pertikaian anak keturunan saat orang tua telah tiada. Jika satu di antara anak keturunan penyandang kebutuhan khusus, jangan sampai saudara lainnya menggunakan kesempatan untuk mengambil alih hak waris anak berkebutuhan khusus dan menguasai secara pribadi. Itu sebabnya dalam poin terdahulu Anda wajib menunjuk wali yang bisa dipercaya dan membuat dana perwalian. Anda juga harus membuat surat wasiat agar menjadi bukti berkekuatan hukum yang mengatur jelas pembagian warisan.

Menyiapkan Tabungan Khusus

Kebutuhan keuangan untuk anak berkebutuhan khusus bukan hanya saat kecil saja, tapi sampai anak dewasa kelak. Sekolah inklusi mengajarkan anak bisa mandiri dan menghasilkan uang untuk memenuhi kehidupannya di masa depan. Namun sebagai orang tua, tidak ada salahnya jika Anda mulai menabung sejak dini yang dapat dijadikan uang tambahan saat anak dewasa. Anda bisa memanfaatkan fitur pengelolaan aset pada online banking agar tabungan tidak mengganggu cash flow keuangan sehari-hari.

Menyiapkan Asuransi

Asuransi kesehatan wajib dimiliki anak berkebutuhan khusus. Kunjungan dokter dan kebutuhan pelayanan medis bisa terbantu melalui kepemilikan asuransi kesehatan. Demikian pula untuk orang tua, wajib memiliki asuransi seperti asuransi kesehatan agar biaya pengobatan ketika sakit tidak mengganggu tabungan. Diperlukan pula asuransi jiwa yang dapat dijadikan warisan untuk anak ketika orang tua tiada.


Kelola Keuangan dengan Aplikasi digibank by DBS

Di era digital yang serba memudahkan Anda dengan perangkat teknologi berbasis internet ini, maka Anda wajib memiliki online banking yang dapat diunduh di smartphone, seperti Aplikasi digibank by DBS. Penggunaannya sangat mudah, bahkan jika anak berkebutuhan khusus telah memasuki usia remaja atau dewasa pun dapat mempelajarinya.

Foto : Caleb Equendo (paxels)

Online banking adalah layanan perbankan yang memanfaatkan kemajuan teknologi dan internet. Tidak hanya itu saja, platform perbankan digital umumnya juga dilengkapi dengan fitur untuk investasi dan pinjaman online. Beragam keunggulan Aplikasi digibank by DBS yang bisa dimanfaatkan orang tua guna memenuhi kebutuhan dana untuk anak berkebutuhan khusus, antara lain:

  • Transaksi lengkap mudah dan aman
  • Tersedia fitur asuransi dan investasi yang beragam
  • Tersedia produk kartu kredit dan pinjaman

Pengelolaan keuangan yang tepat membantu kehidupan anak berkebutuhan khusus hingga dewasa dan mandiri. Anda bisa mulai mengelola keuangan khusus sejak dini dengan cara menabung atau berinvestasi. Aplikasi digibank by DBS merupakan online banking terpercaya yang telah berpengalaman melayani nasabah bertahun-tahun. Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia untuk kebutuhan anak Anda. Cari tahu informasi selengkapnya di sini.

Posting Komentar untuk "Perencanaan Keuangan bagi Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus"