Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 banjir yang melanda ibu kota jakarta di tahun 2020

7 banjir di musim penghujan tahun 2021

Di musim penghujan tahun ini banyak sekali desa atau kota yang di landa banjir karna curah hujan yang cukup lebat yang mengakibatkan air sungai meluap. Kelalaian manusia pun menjdi salah satu faktor utama yang berakibat terjadinya banjir ,karena kelalaian manusia yang seringnya membuang sampah sembarangan ke sungai sehingga menjadi tumpukan sampah disungai ,salah satu kota yang menjadi langganan banjir adalah jakarta, Akibat penumpukan sampah di sungai dengan curah hujan yang cukup lebat sungai pun menjadi meluap.


Berikut ulasannya :


Permintaan mobil derek atau mobil gendong atau car carrier meningkat tajam. Pasalnya, para pemilik kendaraan tak ingin tunggangan kesayangannya terendam. Langkah yang dirasa tepat adalah mengungsikannya ke tempat yang lebih tinggi dengan bantuan mobil derek. Atau menuju ke bengkel rujukan. Padahal, meski berlabel "evakuasi" atau tindak penyelamatan, perlakuan yang diberikan tidaklah harus dijemput di saat genangan atau muka air banjir tengah mencapai ketinggian maksimum. Pasalnya, kondisi ini juga membahayakan calon penyelamat atau si mobil pengevakuasi. Ruas jalan yang tergenang tidak diketahui medan atau kondisi di bagian bawahnya, termasuk bagian mana saja yang memiliki ceruk atau cekungan, sehingga berpotensi menjebak ban car carrier atau kendaraan penggendong. Hal terpenting dilakukan adalah memutuskan semua sirkuit atau hubungan yang mengandung arus listrik dari mobil, serta memposisikan roda-roda pada posisi tertentu sehingga begitu mobil derek datang, langkah evakuasi bisa segera dilangsungkan. Kemudian tindakan lainnya adalah tidak terpancing atau tertarik ingin melakukan starter atas mobil yang terendam air atau mengalami banjir. Bila dilakukan, bakal berbuntut hubungan arus pendek atau korsleting yang membahayakan keberlangsungan kinerja mobil di masa mendatang.

Berikut adalah beberapa cuplikan untuk memposisikan mobil terendam banjir agar segera siap dievakuasi ketika ketinggian air sudah memungkinkan bagi para petugas mobil derek untuk bekerja.
Evakuasi Mobil Korban Banjir : Ajukan Klaim, Tunggu Kondisi Kondusif
Sejumlah kendaraan dan akses jalan hancur pasca banjir yang merendam kawasan Pondok Gede Permai, Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (2/1/2020). [ANTARA FOTO/Risky Andrianto]
Banjir jakarta

Waspadai, Jangan Coba-coba Starter Mobil Terendam Banjir
Tindakan melakukan starter mobil atau kontak menyalakan mesin kendaraan. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Hati hati menyalakan mobil yang terendam banjir

Bencana banjir yang melanda beberapa wilayah di Indonesia, termasuk banjir Jakarta 2020 berdampak di pelbagai sendi kehidupan. Di sektor otomotif adalah kerugian mobil terhanyut air bah serta terendam banjir.
Pantangan utama yang tidak boleh dilanggar setelah mobil terendam banjir adalah menghidupkan mesin mobil atau melakukan starter dalam kondisi masih basah.