Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Google Search Console: Panduan Sederhana untuk Pemula SEO

Google Search Console: Panduan Sederhana untuk Pemula SEO

Google Search Console adalah alat SEO penting. Namun, beberapa orang merasa sedikit menakutkan dan rumit pada pandangan pertama. Pada artikel ini, semua dasar-dasar (termasuk beberapa tips praktis) yang perlu Anda ketahui untuk menggunakan Google Search Console.
Apa itu Google Search Console?
Google Search Console (Google Webmaster Tools) adalah alat online gratis oleh Google yang terdiri dari serangkaian dasbor yang menunjukkan bagaimana kinerja situs Anda di Google.

Google Search Console Ini untuk mengakses berbagai data penting tentang situs web Anda. Misalnya, Anda bisa:

1. Melihat bagaimana halaman Anda bisa tampil di halaman hasil mesin pencari (SERP) untuk berbagai kata kunci.
2. Cari tahu apakah Anda memiliki masalah dengan konten yang muncul di Google (atau pengindeksan, untuk menggunakan istilah teknis).
3. Lihatlah situs apa yang menghubungkan ke konten Anda.
4. Lihat bagaimana situs web Anda tampil oleh perangkat yang digunakan.

Ini hanyalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan Google Search Console, ada langkah demi langkah melalui alat dan dasbornya.

Namun pertama-tama, bagaimana cara menghubungkan situs web Anda ke akun Google Search Console?

Cara Mengatur Google search console

Cara menyiapkan Google search console cukuplah mudah.

  • Pergilah ke halaman dan masuk dengan akun Google Anda.
  • Setelah mendaftar, Anda akan diminta memasukkan alamat web Anda dalam satu dari dua kotak.
  • Kotak kiri adalah untuk properti domain dan kotak kanan adalah untuk properti awalan URL.

  • Properti Domain.

Kebanyakan orang menggunakan konsol pencarian memilih opsi properti domain. Anda akan mendapatkan informasi tentang bagaimana kinerja seluruh situs web Anda di Google. Ini termasuk semua URL, subdomain, dan protokol web (http: //, https: //, www).

Anda harus memverifikasi semua protokol secara terpisah tetapi berkat opsi properti domain, yang Anda butuhkan adalah memasukkan domain Anda dan semua variasi akan dimasukkan.

  • Proix Prefix URL.

Anda harus menggunakan opsi ini jika Anda hanya ingin mencakup format URL yang tepat. Misalnya, jika Anda memasukkan http://www.websitus.com/blog ke bidang yang diperlukan, hanya format URL ini yang akan dilacak. Opsi ini sering digunakan untuk menargetkan mutasi bahasa tertentu pada situs web multibahasa, mis. https://en-gb.example.com

  • Verifikasi kepemilikan.

Setelah Anda memilih tipe properti dan memasukkan domain Anda, Anda perlu memverifikasi bahwa Anda adalah pemilik situs web.

Jika Anda memilih properti domain, Anda harus memverifikasi kepemilikan melalui catatan DNS.

Langkah-langkah yang tepat akan tergantung pada penyedia domain Anda, tetapi secara umum, Anda harus mengikuti langkah-langkah ini:

1. Buka pengaturan catatan DNS domain Anda
2. Tambahkan catatan DNS baru dan tempel kode yang muncul di konsol pencarian

Setelah Anda menambahkan catatan DNS, kembali ke GCS dan klik "Verifikasi".
Jangan khawatir jika Anda melihat pesan bahwa "verifikasi kepemilikan gagal." Perubahan rekor DNS dapat memakan waktu hingga 72 jam untuk mulai berlaku.

Verifikasi dengan tag HTML.
Jika Anda memilih awalan URL dalam jenis properti, Anda memiliki lebih banyak opsi tentang cara memverifikasi situs web Anda. Salah satu cara paling populer adalah dengan menggunakan tag HTML dan menyalin kode ke bagian <Head> dari situs Anda.

Jika situs web Anda berjalan di WordPress, Anda dapat menggunakan plugin untuk menyederhanakan seluruh proses. Jika Anda menggunakan plugin Yoast SEO, Anda hanya perlu pergi ke SEO - General - Alat Webmaster dan menyalin kode dari tag HTML ke bidang "Kode Verifikasi Google"

Pengguna, Pemilik, dan Izin

Anda sekarang memiliki akses ke Google Search Console. lihat bagaimana Anda dapat berbagi akses dengan orang lain.

Ada tiga level izin berbeda di konsol pencarian:

1. Pemilik.
Ini mungkin akan Anda. Pemilik dapat melihat semua data situs dan menggunakan semua alat. Mereka juga dapat memberikan akses orang lain ke konsol pencarian. Anda juga dapat membuat pemilik yang didelegasikan, yang memiliki kontrol yang sama atas konsol pencarian seperti Anda.

2. Pengguna penuh.
dapat melihat semua data situs dan menggunakan sebagian besar alat konsol pencarian. Mereka tidak dapat mengubah izin. Mereka juga tidak dapat berbagi akses ke akun G-suite lainnya atau mengubah alamat web.

3. Pengguna Terbatas.
Hanya dapat melihat data konsol pencarian dan menghasilkan laporan dasar.

Untuk menambahkan pengguna penuh atau terbatas, ikuti instruksi ini:

1. Tekan Pengaturan, pengguna dan izin.
2. Tekan tombol Tambah Pengguna.
3. Masukkan alamat email orang yang ingin Anda tambahkan.
4. Pilih tingkat izin yang ingin Anda berikan.

Untuk menambahkan pemilik yang didelegasikan, tekan tiga titik di samping pemilik situs. Anda hanya harus memberikan status pemilik yang didelegasikan kepada orang yang Anda percayai. Anda dapat menyediakan akses pengguna penuh dan terbatas ke agen dan orang-orang di perusahaan Anda.


  • Ikhtisar.
Laporan ikhtisar adalah halaman pertama yang memuat ketika Anda mengakses konsol pencarian. Dasbor berisi snapshot informasi utama tentang situs Anda.

Di dasbor ini Anda dapat melihat:

  • Laporan Kinerja Situs.
Berapa banyak orang yang mengklik situs web Anda dari Google.

  • Laporan Cakupan.
Informasi apakah halaman Anda diindeks dengan benar di Google

  • Laporan Peningkatan.
Menyediakan informasi tentang peningkatan (seperti AMP) yang Anda buat di situs Anda

  • Laporan Tindakan Manual.
Ini akan menunjukkan kepada Anda jika Google telah memberi Anda penalti manual

Anda dapat mengklik Tautan Laporan Terbuka untuk melihat setiap laporan secara penuh, setiap laporan dalam urutan yang muncul di menu kiri.

1. Laporan Kinerja
Laporan kinerja mengungkapkan bagaimana situs web Anda, dan halaman di situs Anda, tampil dalam hasil pencarian. Ada banyak yang harus ditutup di bagian ini. Jadi mari kita mulai dengan penjelasan tentang cara menavigasinya.

Ada 3 bagian utama yang dapat Anda sesuaikan atau klik untuk menampilkan data yang Anda butuhkan:

1. filter atas.
2. 4 metrik utama.
3. Tab data.

Di menu atas, Anda memiliki pemilih filter yang memungkinkan Anda untuk menambahkan variabel. Sangat berguna untuk mengatur filter secara khusus mungkin untuk mendapatkan data yang paling relevan di Google Search Console.

Berbagai variabel yang dapat Anda tambahkan meliputi:
  • Cari - Pilih untuk memfilter hasil berdasarkan Web, Gambar, atau Video.
  • Tanggal - Saring hasil berdasarkan rentang tanggal. Anda juga dapat membandingkan rentang tanggal.
  • Kueri - Saring dengan kata kunci tertentu, atau bahkan mengecualikan kata kunci.
  • Halaman - Pilih halaman yang ingin Anda fokuskan.
  • Negara - Filter hasil pencarian berdasarkan negara.
  • Perangkat - Filter hasil pencarian oleh perangkat yang digunakan.
  • Pencarian Penampilan - Saring dengan melihat hasil yang kaya dan variabel lainnya.

Di bawah menu atas, ada representasi visual dari kinerja SEO Anda. Secara default, grafik menunjukkan gambaran umum rata-rata situs web Anda dalam 3 bulan terakhir.

Aada empat metrik di atas grafik. Dari kanan ke kiri adalah:

  • Total Clicks: Jumlah orang yang mengunjungi situs Anda dari Google.
  • Total Tayangan: Total Kali Konten Anda terlihat di Google.
  • Rata-rata CTR: Berapa persentase tayangan yang dihasilkan dengan satu klik.
  • Posisi rata-rata: Peringkat rata-rata konten Anda memiliki hasil pencarian google.

Anda dapat menampilkan / menyembunyikan salah satu dari metrik ini dengan mengklik kotak di atas grafik.

Catatan : Perlu diingat bahwa peningkatan tayangan yang tiba-tiba akan selalu mengarah pada penurunan RKPT rata-rata. Belum tentu hal yang perlu dikhawatirkan - itu hanya berarti halaman Anda muncul pada posisi yang lebih rendah untuk beberapa kata kunci yang sangat dicari.

Di bawah grafik utama, Anda akan menemukan tabel dengan hasil tertentu.

Ada lima tab yang dapat Anda pilih :

  • Kueries: Lihat kata kunci apa yang diperingkatkan konten Anda.
  • Halaman: Tinjau bagaimana halaman dan posting blog di situs Anda tampil di Google.
  • Negara: Lihat bagaimana situs web Anda tampil di negara.
  • Perangkat: Cari tahu perangkat apa - komputer, ponsel, atau tablet - orang yang digunakan untuk mengakses situs web Anda.
  • Pencarian Penampilan: Ini akan menunjukkan kepada Anda apakah data terstruktur Anda muncul dalam hasil pencarian.

Posting Komentar untuk "Google Search Console: Panduan Sederhana untuk Pemula SEO"