Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Air Terjun Tertinggi di Dunia

10 Air Terjun Tertinggi di Dunia

Air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Air terjun dapat berupa buatan yang biasa digunakan di taman. Beberapa air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan di mana erosi kerap terjadi. Yuk kita simak Air Terjun Tertinggi di Dunia menurut Dunia Extreme :

1. Air Terjun Angel, Venezuela

Sebuah air terjun di kawasan Taman Nasional Canaima, Venezuela. Penduduk lokal lebih suka menyebutnya sebagai Kerepakupai Vena.Tinggi air terjun ini mencapai hampir 1 kilometer, tepatnya 979 meter. Pada musim penghujan, aliran air di Angel Falls melimpah ruah. Namun pada musim kemarau, air yang terjun di Angel Falls amat sedikit hingga menguap sebelum tiba di dasar tanah.

2. Air Terjun Tugela, Afrika Selatan

Tugela Falls atau Air Terjun Tugela resmi tercatat sebagai air terjun tertinggi kedua di dunia meski beberapa pihak berpendapat bahwa Tugela Falls lebih pantas berada di urutan pertama. Air terjun yang berada di provinsi kwazulu, Afrika Selatan, ini terdiri atas 5 turunan yang berbeda dengan ketinggian total mencapai 948 meter. Saking tingginya, Tugella Falls dapat ditemukan dengan mudah dari berbagai titik di Taman Nasional Royal Natal, terutama setelah hujan lebat yang mengakibatkan debit air meningkat.

3. Las Cataratas Tres Hermanas, Peru

Selain Angel Falls dan Tugela Falls, Las Cataratas Tres Hermanas adalah air terjun terakhir yang memiliki ketinggian lebih dari 900 meter. Las Cataratas Tres Hermanas, dalam bahasa Peru berarti “Air Terjun Tiga Saudara Perempuan” berlokasi di dataran tinggi Andean di wilayah Ayacucho, Peru. Air terjun ini memiliki beberapa turunan berbeda dengan total ketinggian 914 meter sebelum bergabung dengan aliran sungai yang belum diberi nama di pedalaman hutan Peru.

4. Air Terjun Olo’upena, Hawaii

Hawaii tidak hanya menyimpan pantai-pantai cantik berselimut udara tropis yang hangat. Destinasi wisata populer yang menjadi bagian dari Amerika Serikat ini juga memiliki air terjun super tinggi bernama Olo’upena (Olo’upena Falls). Air Terjun Olo’upena menjulang setinggi 900 meter di Pulau Molokai, Hawaii. Berbeda dengan air terjun pada umumnya yang bergabung dengan aliran sungai, Air Terjun Olo’upena langsung jatuh bebas ke laut lepas.

5. Air Terjun Yumbilla, Peru

Kembali, Peru menjadi lokasi dari salah satu air terjun tertinggi di dunia. Air Terjun Yumbilla dengan ketinggian maksimal 896 meter berlokasi di Amazonas, sebuah kawasan hutan di perbatasan Peru dan Ekuador. Meski tercatat sebagai air terjun tertinggi ke-5 dunia, Yumbilla Falls baru terkenal seantero dunia mulai tahun 2007. Sayangnya, ketinggian Air Terjun Yumbilla tidak diimbangi dengan volum airnya yang cenderung sedikit.

6. Vinnufossen, Norwegia

Memiliki ketinggian 860 meter, Air Terjun Vinnufossen di Norwegia dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di Eropa dan tertinggi ke-6 di dunia. Vinnufossen yang menjadi bagian dari sungai Vinnu jatuh bebas menuruni Gunung Vinnufjelet di wilayah Sunndal, More Og Romsdal, Norwegia. Aliran air di Vinnufossen berasal dari gletser Vinnufonna. Setelah sampai di dasar, aliran Air Terjun Vinnufossen bergabung dengan sungai Driva menuju wilayah Hoelsand di Norwegia.

7. Balaifossen, Norwegia

Selain Vinnufossen, air terjun tertinggi di dunia berikutnya juga berlokasi di Norwegia. Balaifossen namanya. Dibandingkan dengan Vinnufossen, Balaifossen lebih rendah 10 meter. Balaifossen bisa ditemukan di kawasan hordalan bagian tenggara Norwegia. Dilihat dari jauh, Air Terjun Balaifossen tampak seperti torehan garis putih yang membelah kawasan hijau di kanan dan kirinya.

8. Air Terjun Pu’uka’oku, Hawaii

Dari namanya yang unik, kamu mungkin sudah bisa menebak di mana lokasi Air Terjun Pu’uka’oku. Ya, air terjun ini berada di Hawaii, tepatnya di Pulau Molokai, sama seperti lokasi Air Terjun Olo’upena. Aliran air di Pu’uka’oku jatuh dari ketinggian 840 meter ke lembah hijau di bawahnya. Kemudian, aliran diteruskan ke lautan lepas di perairan Hawaii.

9. Air Terjun James Bruce, Kanada

Kanada menjadi lokasi dari salah satu air terjun terpopuler di dunia, Air Terjun Niagara. Namun, bukan air terjun itu yang mau dibahas di sini. Ternyata, ada air terjun lain yang mengalahkan ketinggian Niagara di wilayah Kanada dan Amerika Utara. Air terjun yang dimaksud adalah Air Terjun James Bruce di Taman Provinsi Princess Louisa Marine, British Columbia, Kanada. Ketinggian Air Terjun James Bruce hampir sama dengan Pu’uka’oku di Hawaii yaitu 840 meter. Perbedaan ketinggian keduanya hanya sekitar 1 kaki atau sekitar 0,3 meter.

10. Air Terjun Browne, Selandia Baru

Sebagai salah satu negara dengan bentangan alam terindah, tak mengherankan jika Selandia Baru menyimpan salah satu air terjun terindah dan tertinggi di dunia. Browne Falls yang menjulang setinggi 836 meter dapat ditemukan di kawasan Taman Nasional Fiordland, Selandia Baru. Air Terjun Browne mengalir menuruni sisi pegunungan dengan kemiringan sekitar 42 derajat. Berada di tengah hutan hujan yang rindang, Air Terjun Browne menjadi habitat dari berbagai jenis burung dan tanaman.

Nah itulah beberapa Air Terjun Tertinggi yang sudah saya rangkum, Semoga Bermanfaat.

9 komentar untuk "10 Air Terjun Tertinggi di Dunia"

  1. Gila klo mau loncat dari Air Terjun itu....Seram jadinya...
    Mampir juga ya gan ke blog saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ĬЧαα,gan coba z loncat нĭ°°~нĭ°°~нĭ ~°°нĭ~

      Mksh jg dah berkunjung gan

      Hapus
  2. super greget ini air terjun, gua ga kebanyang kalo bisa kesana, tapi kapan, gua mau banget diri di atas air terjun nya sob, bakal keren pasti haha
    visit ya http://officialbronis.blogspot.com/2013/10/pacar-ku-oppo-n1.html makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mimpi x gan bisa ksana he...
      Ok gan maksih y :-)

      Hapus
  3. indah sekali. thx sudah sharing bro.

    BalasHapus
  4. waw keren.... kalo di indonesia trus deket rumah
    gw mampir tiap hari tuh...
    http://dj-letong.blogspot.com

    BalasHapus
  5. terimakasih informasinya gan ..

    BalasHapus